Adalah kewajiban manusia untuk menghamba kepada penciptanya, Allah Ta’ala. Menaati perintahnya dan menjauhi larangannya merupakan bentuk kepatuhan kepada Allah yang sebenarnya ditujukan untuk kebaikan manusia itu sendiri. Jika hingga saat ini, Anda tidak pernah absen melaksanakan ibadah-ibadah wajib seperti shalat 5 waktu dan puasa Ramadhan. Maka, sekaranglah waktunya untuk menambah amalan demi meraih cinta Allah yang tiada batas. Ya, menjalankan ibadah sunnah tidak hanya menambah timbangan amal kita di Hari Perhitungan nanti, tetapi juga mendekatkan diri pada Ilahi. Dari sekian banyak kebaikan yang dicontohkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam, ada ibadah-ibadah sunnah yang sebaiknya dirutinkan.

Ada banyak alasan mengapa beberapa ibadah sunnah sebaiknya dirutinkan: Allah sangat menyukai ibadah tersebut, Nabi Muhammad tidak pernah melalaikan ibadah sunnah yang dimaksud, mengasah kepekaan hati kita terhadap sesama, dan sebagainya. Nah, apakah Anda sudah rutin menunaikan ibadah sunnah di bawah ini?

 

Shalat Tahajud

Walaupun termasuk ibadah sunnah yang banyak diketahui, pada kenyataannya shalat Tahajud tidaklah mudah untuk dirutinkan. Di tengah mimpi indah kita harus bangun, mengambil air wudhu, lalu melaksanakan shalat. Mungkin itu alasannya mengapa hanya orang-orang tertentu saja yang mampu rutin melaksanakan ibadah sunnah ini. Pun tidak mudah, sudah selayaknya kita berusaha untuk merutinkan shalat Tahajud mengingat keutamaannya seperti yang disebutkan dalam sebuah hadis Muslim: dari Abu Hurairah disebutkan bahwa Rasulullah bersabda, “Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram. Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam.”

 

Shalat Dhuha

Salah satu ibadah-ibadah sunnah yang sebaiknya dirutinkan selanjutnya adalah shalat Dhuha. Sepertinya halnya shalat Tahajud, tidaklah mudah untuk membiasakan diri menjalankan ibadah sunnah ini. Kita tidak harus bangun di tengah tidur, namun kita harus meluangkan waktu di tengah kesibukan yang mulai padat saat waktu Dhuha, yakni sekitar pukul 7 pagi hingga menjelang Dhuhur. Keutamaan ibadah sunnah ini disampaikan dalam beberapa hadis yang berbeda.

Abu Hurairah berkata: Kekasihku Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam mewasiatkan kepada saya tiga perkara: “Berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, shalat Dhuha dua rakaat dan shalat witir sebelum saya tidur.” (HR Bukhari-Muslim dari Anas). Selanjutnya dalam hadis riwayat Tirmidzi dan Abu Majah disebutkan, “Barang siapa shalat Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga”. Karena keutamaannya tersebut, shalat dhuha termasuk ke dalam ibadah-ibadah sunnah yang sebaiknya dirutinkan.

 

Membaca kitab suci Al-Qur’an

Selain shalat sunnah, ada lagi ibadah sunnah lain yang sebaiknya dirutinkan bahkan jangan sampai terlewatkan barang sekali yaitu membaca kitab suci Al-Qur’an. Jika saat bulan Ramadhan Anda bisa mengkhatamkan 30 juz, kebiasaan ini perlu diteruskan pada hari-hari biasa sebagaimana Rasulullah mengajarkan kita untuk mengkhatamkan Al-Qur’an setidaknya sekali dalam satu bulan. Artinya, alangkah baiknya jika kita dapat membaca satu juz dalam sehari.

 

Bersedekah

Ibadah sunnah yang nampak remeh namun ternyata sangat dianjurkan adalah meringankan tangan untuk bersedekah. Selain berbagi kebahagiaan dengan orang lain yang kondisinya tidak seberuntung kita, sedekah memberikan beberapa manfaat lain seperti meningkatkan rasa kemanusiaan dan kepedulian sosial, menjauhkan dari bala, membersihkan harta, dan menyembuhkan diri dari penyakit. Jangan khawatir harta akan habis untuk bersedekah karena Allah telah berjanji akan menggantinya berlipat-lipat.

 

Memperbanyak Doa

Tidak ada apapun dan seorangpun yang bisa menolong dan memudahkan urusan kita kecuali Allah Yang Maha Kuasa. Keterbatasan itulah yang seharusnya menyadarkan kita bahwa berdoa adalah sebuah anjuran dan kebutuhan manusia yang tidak berdaya. Banyak-banyaklah berdoa terutama di waktu-waktu yang mustajab: sepertiga malam, ketika hujan, pada sujud terakhir, sehabis shalat, saat menjalankan ibadah puasa, dan sebagainya.

 

Itulah ibadah-ibadah sunnah yang sebaiknya dirutinkan mulai hari ini. Semoga Allah menerima ibadah kita semua. Aamiin.

NO COMMENTS