Hari Jumat adalah hari yang utama dan mulia bagi seluruh umat muslim. Tentu Anda tidak ingin menyia-nyiakan datangnya Hari Jumat. Sebaiknya Anda mempersiapkan diri untuk menyambut hari Jumat dengan amalan-amalan seperti yang dicontohkan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam. Inilah adab pada Hari Jumat sesuai sunnah nabi yang bisa Anda amalkan.

 

Memperbanyak Berdoa dan Shalawat

Di hari utama tersebut, Anda dianjurkan untuk memperbanyak berdoa. Terdapat waktu yang mustajab atau waktu dikabulkannya doa-doa di Hari Jumat. Maka, sangatlah tepat bila kita mengisi hari mulia itu dengan berdoa serta mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala. Terdapat perbedaan pendapat mengenai waktu mustajab di antara para ulama. Pendapat pertama menyebutkan bahwa waktu mustajab dimulai ketika imam duduk sampai dengan Shalat Jumat dilakukan. Kedua, batas akhir masa mustajab hingga selepas ashar.

Selain itu, kita dianjurkan juga untuk memperbanyak shalawat nabi. Semakin banyak Anda bershalawat kepada Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam, maka pahala yang didapat juga makin besar. Anda tidak perlu membuat acara atau kegiatan khusus untuk memperbanyak shalawat ketika Hari Jumat.

Sabda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam terkait waktu yang mustajab untuk berdoa, yaitu:

“Di Hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah SWT, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari Muslim).

 

Membersihkan Diri dan Menggunakan Wewangian

Ketika menyambut hari yang istimewa dan mulia, sudah sepantasnya kita memberikan penampilan terbaik. Tidak harus memakai baju mahal atau sandal baru. Bersihkan diri Anda dengan mandi di Hari Jumat. Mandi Jumat wajib hukumnya bagi umat muslim lelaki yang telah balig. Tidak diwajibkan untuk anak-anak, musafir, seseorang yang sakit, serta perempuan. Mandi Jumat dapat dilakukan sebelum berangkat Shalat Jumat. Jangan lupa pula untuk bersiwak atau membersihkan mulut dan gigi.

Sabda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam yang berhubungan dengan mandi Jumat

“Mandi pada Hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang balig.” (HR. Bukhari dan Muslim).

“Barang siapa mandi Jumat seperti mandi janabah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Pergi ke Masjid Lebih Awal

Pergi ke masjid di awal waktu termasuk adab pada Hari Jumat sesuai sunnah nabi. Ada pula sabda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam yang menyinggung keutamaan berangkat ke masjid awal bagaikan berqurban dengan unta yang gemuk.

 

Memperbanyak Shalat Sunah

Lakukan shalat sunnah saat selesai Shalat Jumat dan ketika menunggu imam. Dengarkan dengan baik khotbah yang disampaikan, dilarang mengobrol atau bicara ketika khatib tengah berkhotbah.

Sabda Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wa Sallam mengenai shalat sunnah saat menunggu imam

“Barang siapa mandi kemudian datang untuk Shalat Jumat, lalu ia shalat semampunya dan dia diam mendengarkan khotbah hingga selesai, kemudian shalat bersama imam maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya ditambah tiga hari.” (HR. Muslim).

 

Membaca Surat Al-Kahfi dan Larangan Duduk Seraya Memeluk Lutut Saat Khatib Khotbah

Dalam sebuah hadis pernah disebutkan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wa Sallam melarang Al Habwah yang  memegangi lututnya saat khotbah Jumat. Disarankan juga untuk membaca surat Al-Kahfi agar memperoleh cahaya di antara dua Jumat. Anda dapat mulai mengamalkan surat Al-Kahfi ini saat malam Jumat dan tepat di Hari Jumat.

Hadist Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam mengenai larangan memeluk lutut saat mendengarkan khotbah Jumat

“Sahl bin Mu’ad bin Anas mengatakan bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam melarang Al Habwah (duduk sambil memegang lutut) pada saat Shalat Jumat ketika imam sedang berkhotbah.” (Hasan. HR. Abu Dawud, Tirmidzi).

 

Adab pada Hari Jumat sesuai sunnah nabi hendaknya dapat kita amalkan dengan baik. Kumpulkan pahala di hari mulia dan teruslah tingkatkan iman dan ketakwaan.

NO COMMENTS