Madinah Iman Wisata – Mungkin jarang orang yang mendengar kata penyakit meningitis dan juga penyakit Septicaemia. Itu karena penyakit ini memang jarang terjadi, namun bukan berarti bahwa penyakit ini tidak ada. Seseorang bisa saja terkena penyakit ini, yang jelas penyakit ini terjadi akibat virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Apa itu meningitis dan Septicaemia

Meningitis dan Septicaemia sendiri adalah nama penyakit yang menyerang otak. Meningitis sendiri adalah infeksi yang terjadi pada bagian meninges (tiga jaringan pada lapisan ikat), dimana infeksi ini diakibatkan oleh masuknya bakteri atau virus ke dalam bagian ini, yang kemudian mengakibatkan radang. Jika hal ini dibiarkan begitu saja akan mengakibatkan peradangan dan kerusakan pada sistem syaraf, sumsum tulang belakang dan juga otak.

Sedangkan yang disebut dengan Septicaemia adalah sebuah kondisi dimana terjadi keracunan pada darah, jika hal seperti tidak ditangani dengan segera, akan menyebabkan kegagalan beberapa organ tubuh, hingga menyebabkan kematian. Penyebab penyakit ini sendiri adalah akibat dari bakteri yang menginfeksi pada bagian darah.

Yang menjadi msalah kemudian adalah apakah ada hubungan antara penyakit meningitis dengan penyakit septicaemia? Memang ada hubungannya,beberapa bakteri yang menyebabkan penyakit meningitis ini juga dapat menyebabkan penyakit septicaemia, terutama virus yang berbentuk Meningococal.

Gejala Meningitis

Berikut ini adalah beberapa gejala ketika seseorang mengalami penyakit meningitis :

  • Sakit kepala berat

Seseorang yang mempunyai penyakit ini biasanya diawali dengan sakit kepala yang cukup parah.

  • Kaku kepala

Tidak lama kemudian biasanya diikuti dengan ketikdakmampuan menggerakkan otot leher dengan baik.

  • Demam tinggi

Seseorang yang mempunyai penyakit ini tiba-tiba mengalami demam yang cukup tinggi.

  • Fotofobia dan fonofobia

Adalah gejala berikutnya yang dapat terjadi adalah fotofobia dan fonofobia, yang dimaksud dengan fotofobia ini adalah ketakutan ketika terkena cahaya. Sedangkan yang dimaksud dengan fonofobia adalah ketakutan atau intoleransi terhadap berbagai macam suara keras.

  • Perubahan warna kulit

Pada beberapa kasus terjadi perubahan warna kulit yang cukup signifikan.

Gejala Setipcaemia

Sedangkan ketika seseorang mengalami penyakit septicaemia atau Sepis ini biasanya mengalami beberapa gejala seperti :

  • Mengalami bintik-bintik merah

Seseorang yang mengalami penyakit ini, biasanya ditandai dengan bintik-bintik kecil pada beberapa bagian kulit. Bintik-bintik ini kemudain akan menyebar, hingga membentuk memar. Jika hal ini terus dibiarkan akan mengakibatkan warna ungu.

  • Kehilangan nafsu makan

Efek lainnya dari kondisi ini adakah kehilangan nafsu makan, hal itu diakibatkan karena tubuh mulai tidak merespon beberapa perintah dengan baik.

  • Mengalami demam

Demam ini sendiri adalah salah satu bentuk pertahanan sel darah putih terhadap virus yang terdapat pada sel darah merah. Demam yang akan diidap ini sendiri biasanya cukup tinggi.

  • Mengalami kedinginan secara mendadak pada beberapa bagian tubuh

Pada beberapa bagian mulai mengalami kedinginan, hal ini sebagai akibat tidak tersupainya sel darah merah dengan baik. Biasanya bagian yang akan terkena rasa dingin ini adalah bagian tangan dan juga kaki.

  • Mengalami koma

Seseorang yang tidak mendapatkan penanganan secara serius akan mengalami koma, atau bahkan kasus yang lebih parah adalah kematian.

Penyakit ini sendiri dapat menyerang siapa saja, dan tidak mengenal batas usia tertentu, bayi hingga orang dewasa pun dapat terkena kedua penyakit ini. Untuk dapat mengatasi penyakit seperti ini, Anda tentu harus menjaga kesehatan dan juga kebersihan lingkungan dengan baik.

NO COMMENTS