Meskipun termasuk dalam rukun Islam, pergi ke Tanah Suci Makkah adalah suatu hal yang istimewa mengingat belum tentu semua umat Muslim dapat menginjakkan kaki di sana. Artinya, jika Anda mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Ka’bah, momen ini tidak boleh disia-siakan dan Andapun harus melakukan berbagai persiapan agar perjalanan serta ibadah berjalan lancar. Persiapan ini tentunya termasuk dalam hal berkomunikasi dengan keluarga di tanah air. Mengingat selama berhari-hari Anda terpisah ribuan kilometer dari orang-orang tercinta, penting sekali buat memastikan akses komunikasi yang mudah dan jika memungkinan, murah, supaya keluarga di rumah bisa terus mengetahui kondisi Anda.

Bagi Anda yang sudah beberapa kali bertolak ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah umrah atau haji tentunya sudah tidak asing atau bingung lagi ketika hendak berkomunikasi dengan keluarga. Nah, bagi Anda yang baru pertama kali pergi ke Tanah Suci, tips berkomunikasi dengan keluarga berikut ini akan sangat bermanfaat.

 

Pastikan Membawa Ponsel yang Mudah Digunakan

Tips pertama untuk lancar berkomunikasi dengan sanak famili dari Tanah Suci adalah dengan membawa ponsel yang mudah digunakan. Dengan banyaknya model dan teknologi ponsel yang tersedia saat ini, kadang orang tergiur dengan kecanggihannya saja padahal kesulitan mengoperasikannya. Hal ini sebaiknya tidak terjadi ketika Anda sedang beribadah umrah atau haji karena akan menghambat komunikasi. Tidak masalah membawa ponsel dengan fitur yang sangat sederhana selama Anda merasa nyaman menggunakannya.

 

Gunakan SIM-card dari Operator Lokal Arab Saudi

Untuk komunikasi yang relatif lebih murah, Anda bisa menggunakan SIM-card dari operator lokal yang ada di Arab Saudi seperti Mobility, STC, Al Jawwal (SAWA), serta Zein. Tidak sulit kok mendapatkan kartu perdana dari provider lokal karena begitu Anda mendarat di Mekah atau Madinah, Anda akan menemui banyak tempat yang menjual SIM-card tersebut. Untuk mendapatkan tarif termurah, ada baiknya untuk membuat perbandingan antar operator terlebih dahulu sebelum membeli. Dan jangan lupa menunjukkan paspor Anda kepada si penjual, ya, saat membeli kartu perdana.

 

Manfaatkan Jaringan Internet

Bukan rahasia lagi jika saat ini Anda bisa berhemat pulsa dengan adanya paket data. Hal yang sama juga berlaku ketika Anda sedang beribadah di Tanah Suci. Apalagi jika hotel tempat menginap memberikan fasilitas Wi-Fi yang mudah diakses oleh jamaah haji, Anda dapat tetap berkomunikasi lewat beragam media sosial, aplikasi instant messaging atau bahkan melakukan video call dengan orang tersayang di rumah. Tak hanya suara yang didengar, namun wajah rindu merekapun dapat Anda lihat.

 

Operator Lokal Indonesia, Boleh Juga

Dengan alasan tertentu, tidak semua orang mau membeli kartu perdana provider lokal Arab Saudi untuk berkomunikasi dengan keluarga. Menggunakan jaringan internet juga mereka tidak begitu mahir. Tidak masalah, Anda tetap bisa lancar berkomunikasi dengan memanfaatkan layanan Sambungan Langsung Internasional (SLI) dari berbagai provider di tanah air. Setiap operator seluler membebankan tarif yang berbeda-beda kepada pelanggan jadi cek dahulu sebelum menggunakan. Periksa juga tarif roaming yang diberlakukan untuk menelpon dan menerima telpon agar Anda bisa memperkirakan jumlah pulsa yang harus tersedia.

 

Jangan Lupa Tuliskan Kode Negara saat Menelpon

Tips terakhir untuk lancar berkomunikasi dengan keluarga dari Tanah Suci adalah jangan lupa menambahkan kode negara di depan nomor telpon yang ingin Anda hubungi (+62 untuk Indonesia). Kelihatannya sepele, namun tanpa kode ini panggilan Anda tidak akan tersambung. Semoga ibadah kita diterima Allah Ta’ala. Aamiin.

NO COMMENTS