Umroh merupakan salah satu ibadah dalam agama Islam. Dimana umroh dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa rangkaian ibadah di kota suci Mekkah dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan dalam Al-Qur’an. Umroh hampir sama dengan ibadah haji, hanya saja waktu pelaksanaannya yang berbeda. Pelaksanaan umroh dapat dilakukan kapan saja kecuali pada hari Arafah, sedangkan ibadah haji dilakukan pada tanggal 8- 13 Dzulhijjah setiap tahunnya.

Selain pelaksanaannya yang dapat dilakukan kapan saja, biaya umroh juga tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan ibadah haji. Namun jika dilihat selama 10 tahun terakhir, biaya umroh selalu mengalami kenaikan yang signifikan dari tahun ke tahun. Hal ini bisa saja dikarenakan minat masyarakat yang ingin melaksanakan umroh juga semakin meningkat. Selain itu juga adanya kenaikan yang terjadi dalam komponen-komponen biaya perjalanan umroh itu sendiri, seperti harga tiket pesawat, penginapan, transportasi lokal, katering/makan, visa, perlengkapan, dan lainnya.

Besarnya minat masyarakat yang ingin melaksanakan umroh inilah menjadikan banyaknya agen/biro yang menawarkan travel perjalanan umroh. Ada biro umroh yang mematok tarif mahal dan ada juga yang murah. Untuk mengetahui komponen dalam menentukan biaya umroh, perlu adanya transparansi perhitungan yang jelas oleh biro/travel umroh itu sendiri. Selanjutnya kita akan membahas apa saja yang menjadi komponen penting dalam biaya umroh agar kita tidak mudah tergiur dengan promosi umroh murah.

Berikut komponen biaya umroh

Perlu diketahui, secara umum komponen biaya umroh terdiri dari tiket pesawat, penginapan, transportasi lokal, katering, visa, handling, dan pastinya keuntungan yang didapat travel umroh itu sendiri. Dengan adanya detail biaya dari komponen biaya umroh ini, dapat membantu anda dalam memperhitungkan sendiri biaya yang harus dipersiapkan sebelum melaksanakan umroh sehingga anda bisa lebih waspada jika ada travel umroh yang menawarkan tarif tak masuk akal kepada para jamaahnya.

  1. Tarif Tiket Pesawat

Tarif tiket pesawat merupakan komponen biaya terbesar dalam penentuan umroh. Untuk tarif tiket pesawat biasanya tergantung dari jenis maskapai penerbangan yang digunakan. Tentu saja ada tarif relatif mahal dan ada juga yang relatif murah. Pastinya sesuai dengan pelayanan (service) kenyamanan penerbangan yang ditawarkan untuk para penumpangnya.

  1. Penginapan

Selain itu, penginapan juga merupakan komponen yang berpengaruh terhadap biaya umroh. Penginapan yang ditawarkan dalam paket umroh biasanya memiliki bermacam-macam tarif sesuai dengan lokasinya. Jika anda memilih tarif murah, biasanya lokasi penginapan sedikit jauh dari masjid. Sedangkan jika anda menginginkan penginapan yang lebih dekat dengan masjid, pastinya anda harus mengeluarkan biaya akomodasi yang sedikit mahal.

  1. Transportasi Lokal dan Visa

Selanjutnya komponen yang berkaitan dengan biaya umroh adalah transportasi lokal. Biasanya disana tersedia SAPTCO atau sejenis bis DAMRI yang memberikan layanan minim antar kota meliputi Jeddah, Makkah, dan Madinah dengan tarif yang relatif terjangkau. Namun ada juga bis yang menawarkan  fasilitas yang lebih nyaman berupa bis AC dan pastinya anda harus mengeluarkan biaya yang agak sedikit mahal dari SAPTCO. Untuk mengurus visa biaya yang dikeluarkan travel umroh biasanya sekitar US$ 55 hingga US $ 75 sesuai dengan musim.

  1. Katering

Biasanya untuk satu kali makan biaya yang harus dikeluarkan sekitar US$ 5. Dengan prediksi sesuai lamanya hari anda berada disana, biasanya sekitar 7 hari.

  1. Handling

Handling artinya layanan jasa untuk melakukan check in, memasukkan koper, serta menjadi pemandu jamaah mulai dari tanah air hingga ke Saudi. Sebenarnya hal ini dapat kita lakukan sendiri, tetapi biasanya pihak penyelenggara mewajibkan hal ini untuk keseragaman. Untuk biaya handling ini berbeda-beda sesuai dengan harga yang tercantum pada paket umroh itu sendiri.

Demikian informasi mengenai komponen-komponen biaya umroh yang harus anda persiapkan sebelum memilih travel umroh. Semoga bermanfaat….

Kami Biro perjalanan haji dan umroh Madinah Iman Wisata adalah travel yang InsyaAllah sesuai dengan tuntunan Al qur’an dan As-sunnah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam. Daftarkan diri anda beserta keluarga umroh bersama kami. Hubungi konsultan travel kami segera.

 

NO COMMENTS