Kehamilan merupakan masa penting dan menakjubkan dalam kehidupan seorang wanita. Salah satu hal yang perlu diperhatikan tatkala mengandung ialah asupan makanan. Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam ternyata juga sangat memperhatikan pentingnya makanan bagi ibu hamil, sebab dapat berpengaruh terhadap kondisi spiritual dan psikis anak nantinya.  Berikut makanan sunnah untuk ibu hamil yang disarankan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam.

 

Kurma

Buah yang identik dengan bulan Ramadhan ini memiliki kandungan kalsium, kalium, hormon oktosin, dan potuchin yang sangat bermanfaat untuk ibu dan bayi dalam kandungan. Kalsium baik untuk pertumbuhan tulang serta gigi, sementara kalium adalah mineral yang diperlukan tubuh untuk kontraksi otot dan pengatur tekanan darah. Oktosin bisa merangsang kontraksi otot rahim sehingga mempermudah proses persalinan serta memperlancar produksi ASI. Sedangkan potuchin dapat mengikat otot rahim yang membuat pendarahan setelah melahirkan berkurang.

Hadist yang berkaitan dengan buah kurma bagi ibu hamil

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam bersabda, “Berikanlah buah kurma kepada istri kalian di bulan kesembilan kehamilannya karena hal itu dapat membuat anak yang ia lahirkan menjadi orang yang berhati lembut dan bersih.”

 

Pir

Buah pir adalah makanan sunnah untuk ibu hamil yang kaya akan antioksidan penangkal sel kanker, mineral, vitamin B kompleks, vitamin A dan C. Buah pir juga memiliki banyak serat dan mengandung folat cukup tinggi yang dapat mencegah cacat saraf bayi.

Hadist Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wa Sallam mengenai buah pir

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam bersabda, “Makanlah buah pir karena buah itu dapat membuat terang penglihatan dan menumbuhkan rasa cinta di hati. Dan berikanlah buah ini kepada ibu yang sedang mengandung karena dapat mempercantik anak kalian.”

 

Apel

Berdasarkan penelitian, ibu hamil yang rajin mengonsumsi buah apel dapat menghindarkan bayi yang ada dalam kandungannya dari risiko gangguan saluran pernapasan dan asma.

Hadist Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam yang berhubungan dengan buah apel

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam bersabda, ”Makanlah buah safarjal (sejenis apel) dan berilah kepada temanmu sebagai hadiah, karena buah itu dapat mempertajam sinar mata dan menumbuhkan rasa cinta kasih pada hati. Suruhlah wanita hamil memakan buah itu, karena ia akan membuat cantik rupa anak yang akan dilahirkan. (Dalam riwayat lain disebutkan) supaya bagus akhlak anak yang akan dilahirkan.”

 

Air Kelapa Muda

Kandungan asam lauric dalam air kelapa muda sama dengan yang ada pada ASI. Rutin meminum air kelapa muda selama kehamilan, dapat melindungi ibu dan bayi dari virus karena air kelapa yang bersifat anti jamur, anti virus, serta anti bakteri.

Hadist Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam terkait air kelapa

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam bersabda : “Berilah makanan istrimu yang sedang hamil buah kelapa, karena ia dapat menjadi sebab anakmu berakhlak baik.”

 

Luban

Luban atau yang lebih dikenal dengan nama kemenyan arab adalah makanan sunnah untuk ibu hamil yang dianjurkan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam dan diwariskan secara turun temurun oleh para ulama. Cara mengonsumsi luban adalah dengan direndam terlebih dahulu dalam air ketika malam hari, pada pagi harinya luban sudah bisa dimakan sebelum sarapan pagi dengan tambahan sedikit gula.

Sabda Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wa Sallam terkait luban

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam bersabda, “Berilah luban (kemenyan arab) kepada istri kalian yang sedang mengandung karena itu dapat mencerdaskan anak yang sedang dikandungnya.”

 

Itulah jenis-jenis makanan sunnah untuk ibu hamil sesuai yang disarankan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wa Sallam. Semoga dengan rajin mengonsumsi makanan tersebut selama kehamilan, bayi akan tumbuh  dengan sehat dan cerdas.

NO COMMENTS