Memilih Travel Haji dan Umrah Terbaik, Simak Kiatnya

0
242
memilih travel haji dan umrah terbaik

 

Banyak orang rela menghabiskan biaya berjuta-juta untuk menikmati pengalaman spiritual melakukan perjalanan ke tanah suci. Itulah mengapa di Indonesia peminat perjalanan suci, baik haji maupun  umrah sangatlah besar. Biasanya, para jama’ah menggunakan jasa travel haji dan umrah untuk mengurus keberangkatan mereka, baik yang berkaitan dengan perijinan, transportasi, maupun fasilitas-fasilitas pendukung sebelum dan selama di tanah suci. Kualitas travel haji dan umrah yang digunakan akan menentukan kelancaran para jama’ah selama menjalankan ibadah. Karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk memilih travel haji dan umrah terbaik.

Bagaimanakah cara memilih travel yang tepat? Berikut kami ulas beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

 

Periksa Kelengkapan Ijin Travel Haji dan Umrah

Untuk memilih travel haji dan umrah terbaik, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan kelengkapan ijin travel penyelenggara haji dan umrah tersebut. Jangan berspekulasi dengan memilih travel yang tidak terdaftar dan mengantongi ijin dari Kementrian Agama, karena resikonya perjalanan haji dan umrah Anda dapat terhambat, bahkan bisa-bisa uang melayang.

Cara memastikan kelengkapan ijin travel sebenarnya cukup mudah. Cara pertama, datanglah secara langsung ke kantor Departemen Agama di daerah Anda dan mintalah daftar travel penyelenggara haji dan umrah yang resmi. Atau bila Anda tidak sempat datang langsung ke kantor Departemen Agama, Anda bisa mengakses daftar travel penyelenggara haji dan umrah yang berijin di website resmi kementrian agama:  http://haji.kemenag.go.id. Lebih baik lagi bila travel yang Anda pilih mencantumkan nomor ijin yang dimilikinya pada website perusahaan, karena Anda akan lebih mudah memastikan legalitasnya.

Perhatikan pula bahwa daerah operasi agen travel haji dan umrah sudah diatur oleh Direktur Jendral Pembinaan Haji dan Umrah (Dirjen PHU). Bila sebuah agen travel membuka cabang, maka ia harus mengurus perijinan yang baru. Hal ini sangat penting diketahui untuk mencegah penipuan yang menyebabkan calon jama’ah terlantar meski telah membayarkan sejumlah uang.

 

Teliti Kepastian Jadwal Keberangkatan

Setiap agen travel mendapatkan kuota visa di setiap tanggal keberangkatan. Karena itu, ini bisa jadi cara untuk memilih travel haji dan umrah terbaik. Anda patut waspada bila travel haji dan umrah yang Anda gunakan tidak dapat memberikan kepastian jadwal, termasul tanggal dan bulan keberangkatan.

 

Lihat Paket Perjalanan Haji dan Umrah yang Tersedia

Hal ketiga yang perlu kita perhatikan pada saat memilih travel adalah pilihan paket perjalanan yang ditawarkan. Jangan tertipu dengan travel yang menawarkan paket dengan fasilitas lengkap namun harganya murah/tidak wajar. Ada pula agen travel yang menawarkan paket haji kilat yang bisa lebih cepat berangkat. Ini tentu tidak mungkin sebab untuk berangkat ke tanah suci, terdapat antrian panjang yang harus diikuti. Jadi, sebaiknya Anda lebih waspada terhadap travel-travel haji dan umrah seperti ini.

 

Teliti Fasilitas yang Disediakan oleh Travel

Untuk melakukan ibadah ke tanah suci, kita tentu membutuhkan fasilitas-fasilitas pendukung, misalnya sarana transportasi (pesawat), hotel, dan makanan selama pelaksanaan. Karena itu, pastikan terlebih dahulu kesiapan agen travel dalam menyediakan fasilitas-fasilitas tersebut. Tanyakan secara pasti nama maskapai dan hotel yang digunakan. Agen travel terpercaya tentu bisa menyediakan data nama maskapai yang akan Anda gunakan untuk pemberangkatan dan kepulangan. Periksa juga kepastian nama hotel serta bintangnya. Cocokkan data yang Anda peroleh dengan informasi yang diberikan oleh travel.

 

Pastikan Visa yang Diberikan Terdaftar

Travel haji dan umrah biasanya memberi layanan pengurusan visa. Setelah visa sampai di tangan, periksa dahulu apakah visa tersebut benar-benar terdaftar di PPUI.

         

Itulah beberapa kiat untuk memilih travel haji dan umrah terbaik. Yuk, jadi konsumen cerdas!

 

 

Baca juga:
Apakah Perbedaan Haji dan Umroh?
Komponen Biaya Umroh Menunjang Kenyamanan Dalam Ibadah

NO COMMENTS