Ibadah umroh atau haji kecil merupakan perjalanan meungunjungi  tempat-tempat ziarah di kota Mekkah dan Madinah. Banyak tempat di Tanah Suci di Mekkah Al Mukarrahmah maupun Madinah Al Munawwarmah yang dapat kita kunjungi. Dalam perjalan umroh tentu banyak hal yang kita korbankan baik itu waktu, harta, perasaan, dan tenaga. Pengorbaan tersebut tentu tidak mudah, tidak murah dan melelahkan, tentu saja pengorbaan kita tiadak mau sia-sia dan menginginkan hasil yang maksimal dalam pelaksaan ibadah umroh. Berikut ini ada berapa tips yang InsyaAllah bermanfaat bagi kita yang akan menjalakan ibadah ke tanah suci.

1. Ibadah yang akan banyak kita lakukan di tanah suci salah satunya adalah sholat. Ada baiknya kita perbaiki sholat kita. Apakah sudah sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam? Kita bisa membuka buku-buku atau mencari di internet tentang tuntunan sholat yang benar sehingga kita bisa memahami dari setiap gerakan dan bacaan sholat. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “Shalat di masjidku, lebih utama seribu kali (dibandingkan) shalat di selainnya kecuali Masjidil Haram. Dan shalat di Masjidil haram lebih utama Seratus Ribu (dibandingkan) shalat di selainnya.“ (Hadits dishahihkan oleh Al-Mundziri dan Al-Bushoiry. Membaca hadist tersebut tentu kita tidak akan menyia-nyiakan kesempatann itu.

2. Thawaf adalah salah satu ibadah yang hanya di laksanakan di Masjidill Haram sebagai bentuk penghormatan. Bila anda mampu perbanyaklah ibadah thawaf.

3. Jamaah umroh adalah tamu-tamu Allah SWT yang doanya akan dikabulkan, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam dalam sabdanya, “Orang yang mengerjakan haji dan umroh merupakan tamu Allah, maka jika mereka bermohon kepadanya, pastilah dikabulkan-Nya, dan jika mereka memohon ampunan pasti diampuni-Nya”. (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban) Apalagi yang diinginkan oleh seorang manusia kecuali doanya dikabul dan dosanya diampuni. Dalam riwayat yang lain Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Orang-orang yang sedang berhaji atau berumroh, adalah tamu-tamu Allah dan para peziarah rumah-Nya. Jika mereka meminta dari-Nya sesuatu, niscaya ia akan memberi kepada mereka. Dan jika mereka memohon ampunan dari-Nya, niscaya ia akan mengampuni mereka. Dan jika mereka berdoa kepada-Nya, niscaya ia akan mengabulkannya. Dan jika mereka bersyafaat (memintakan sesuatu untuk orang lain) kepada-Nya, niscaya ia akan menerima syafaatnya” (HR Ibnu Majah dari Abu Hurairah). Jadai jangan pelit-pelit berdoa, baik itu mendoakan seseornag secara diam-diam.

4. Mengoptimalkan waktu yang ada selama ada di tanah suci dan setiap waktu yang berjalan tidak boleh kita sia-siakan. Salah satu ibadah yang sering menjadi tambahan untuk mengisi waktu kosong adalah memperbanyak sholat malam atau Qiyamul Lail di Tanah Suci. ”Dan pada sebagian (sepertiga) malam, shalat tahajjud-lah kamu sebagai ibadah tambahan. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra: 79). Dengan melaksanakannya di masjid Nabawi atau masjdil Haram tentu akan bertambah beribu kali lipat pahala yang kita dapat.

5. Sebelum berangkat ke masjid ada baiknya kita berwuduh di hotel/penginapan karena langkah perjalanan kita ke masjid akan lebih besar pahalanya bila kita dalam berwuduh. selain itu biasnya di tempat wudhu masjid orang pada berdesakan.

Demikian tips untuk mengoptimalkan perjalanan ibadah umroh kita di tanah suci, sebenarnya masih banyak tips yang menunjang untuk pelakasaan ibadah umroh yang optimal. Tapi yang harus kita ingat adalah menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan fit adalah kunci sukses melaksanakan rakaian kegiatan ibadah umroh.

Kami Biro perjalanan haji dan umroh Madinah Iman Wisata adalah travel yang InsyaAllah sesuai dengan tuntunan Al qur’an dan As-sunnah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam. Daftarkan diri anda beserta keluarga umroh bersama kami. Hubungi konsultan travel kami segera.

NO COMMENTS