Ibadah haji dan umroh banyak mengandalkan aktivitas fisik, seperti berjalan kaki. Ditambah cuaca yang sangat panas, Anda harus memastikan kondisi tubuh benar-benar sehat dan prima. Melaksanakan ibadah haji atau umroh mungkin bukan beban bagi mereka yang berusia muda, namun tidak mudah bagi golongan lanjut usia. Padahal jamaah haji dan umroh banyak yang berusia di atas 40 tahun.  Lantas persiapan fisik sebelum umroh seperti apa yang harus dilakukan agar ibadah  berjalan lancar? Berikut ulasannya.

 

  1. Lakukan Aktivitas Fisik

Biasakan untuk melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki, lari kecil, atau olahraga ringan guna menjaga kesehatan tubuh. Hal ini pun bermanfaat agar Anda kuat berjalan selama berada di tanah suci.

 

  1. Konsultasi Dokter

Kondisi tubuh orang tentu berbeda-beda. Agar lebih paham dengan keadaan badan Anda, sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum pergi umroh. Dengan demikian Anda akan mendapat arahan terkait kesehatan yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

 

  1. Konsumsi Multivitamin

Mengonsumsi multivitamin sangat penting guna menjaga daya tahan tubuh tetap optimal. Anda harus membiasakan konsumsi multivitamin sebelum melakukan ibadah umroh.

 

  1. Vaksinasi dan Mengonsumsi Makanan Bergizi

Persiapan fisik sebelum umroh selanjutnya ialah melakukan vaksinasi meningitis agar terhindari dari virus. Lebih baik lagi bila Anda melengkapi dengan vaksinasi influenza dan lainnya agar tidak terserang penyakit tersebut. Pastikan pula konsumsi makanan yang bernutrisi. Jangan mengabaikan asupan makanan bergizi, air, dan istirahat cukup agar tetap sehat sehingga dapat melaksanakan ibadah dengan lancar.

 

  1. Persediaan Obat-obatan

Menyediakan obat-obatan di tempat khusus yang mudah dibawa pun penting dilakukan. Cukup mempersiapkan obat-obatan ringan seperti obat flu, minyak angin, sampai dengan obat untuk gejala diare.

 

  1. Persiapan Fisik Sebelum Umroh dengan Membiasakan Pola Hidup Sehat

Anda memiliki pola hidup tidak sehat? Sebelum berangkat umroh, sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut. Contohnya adalah kebiasaan merokok. Berhenti merokok membuat paru-paru sehat dan menunjang sistem pernapasan menjadi lebih baik. Dengan pengaturan pola hidup sehat, tubuh Anda akan siap dengan segala perubahan yang terjadi ketika tiba di tanah suci, misalnya kondisi cuaca yang sangat panas/ekstrem.

 

  1. Mengenali Fasilitas Kesehatan

Penting bagi para jamaah untuk mengenal fasilitas kesehatan apa saja yang terdapat di Arab Saudi. Hal ini bermanfaat ketika jamaah mengalami suatu hal yang tidak diinginkan. Apabila Anda yang mengalami hal tersebut, Anda dapat langsung melakukan tindakan pertolongan pertama dan tidak harus menunggu hingga tim medis datang.

 

  1. Jangan Stres

Hindarilah kegiatan yang tidak wajib dan tidak diperlukan sebelum melakukan ibadah umroh. Jangan sampai stres dikarenakan beban pikiran yang berdampak pada turunnya kondisi fisik dan psikis tatkala melaksanakan ibadah umroh.

 

  1. Tunaikan Kewajiban dan Meminta Doa Restu

Sebelum berangkat umroh, sebaiknya Anda menunaikan kewajiban yang belum terselesaikan. Pastikan nafkah untuk keluarga cukup selama Anda menjalankan ibadah umroh. Beri wewenang kepada orang yang Anda percaya untuk membayarkan hutang-hutang Anda, serta pastikan komunikasi Anda dan keluarga di tanah air lancar. Hal lain yang juga penting Anda lakukan adalah meminta doa restu kepada orang-orang terdekat demi kelancaran ibadah umroh. Ini merupakan salah satu suntikan semangat dan amat bermanfaat bagi kesehatan rohani Anda.

 

Persiapan fisik sebelum umroh perlu diperhatikan agar ibadah umroh berjalan lancar nantinya. Bagi jamaah yang masih muda, diharapkan untuk membantu para jamaah lanjut usia ketika berada di tanah suci, sehingga dapat menjalankan ibadah dengan baik pula.

NO COMMENTS