Madinah Iman Wisata – Sebelum Anda berangkat mengunjungi rumah Allah Ta’ala, tentu Anda harus melakukan berbagai persiapan dengan matang agar ibadah dapat berjalan lancar. Berikut beberapa tips dan persiapan sebelum berangkat umroh yang bisa Anda lakukan.

 

  1. Pemilihan Agen Travel

Pilihlah agen travel yang tepercaya dan telah mempunyai pengalaman dalam penyelenggaraan haji dan umroh. Anda dapat memilih paket sesuai keadaan keuangan Anda. Apabila ingin lebih hemat, ambil paket travel  reguler  atau bagi Anda yang ingin berwisata setelah umroh, dapat mencoba paket plus wisata. Sebagai catatan, ibadah umroh memerlukan fisik yang kuat. Tenaga tentu akan terkuras setelah mengikuti rangkaian ibadah umroh. Jika Anda memilih paket plus wisata, lakukanlah persiapan fisik lebih matang supaya masih ada tenaga saat berwisata usai menunaikan ibadah umroh.

 

  1. Mengurus Dokumen dan Vaksinasi

Uruslah dokumen-dokumen penting secepatnya. Beberapa dokumen yang diperlukan yaitu, paspor, foto close up, serta kartu kuning vaksinasi influenza dan meningitis. Vaksinasi tersebut diwajibkan oleh pihak Arab Saudi kepada seluruh jamaah haji dan umroh.

 

  1. Persiapan Sebelum Berangkat Umroh dengan Latihan Fisik Teratur

Latihan fisik bermanfaat bagi Anda yang hendak melaksanakan ibadah umroh. Tidak harus berlatih dengan olahraga berat, berjalan atau lari kecil pun sudah cukup. Latihan fisik setiap hari sebelum umroh akan membuat Anda terbiasa dan ringan saat harus banyak berjalan kaki ketika berada di tanah suci.

 

  1. Membaca Buku Panduan Umroh

Anda wajib mempelajari segala hal yang berhubungan dengan ibadah umroh sebagai salah satu persiapan sebelum berangkat umroh. Jangan sampai melakukan hal-hal yang dilarang. Pelajari doa saat rukun umroh, mempelajari cara tayamum (karena di pesawat persediaan air terbatas), bagaimana tata cara shalat saat di pesawat, hingga cara melaksanakan shalat sunnah di Mekkah dan Madinah. Lebih baik lagi jika Anda memiliki bekal ilmu agama yang mumpuni selain dari pembekalan atau manasik.

 

  1. Persiapan Jasmani dan Rohani

Pastikan kondisi fisik dan rohani tetap prima hingga berangkat umroh. Mantapkan kembali niat dalam hati, ikhlas, dan selalu berdoa agar dapat melaksanakan ibadah dengan baik sebab perjalanan umroh bukan wisata, melainkan perjalanan spiritual ke rumah Allah Ta’ala.

 

  1. Siapkan Perlengkapan dan Obat-obatan Ringan

Siapkan perlengkapan yang Anda butuhkan selama berada di tanah suci seperti baju ihram, sandal, kaos kaki, kerudung, peralatan mandi, gantungan baju, deterjen, dan sebagainya, kurang lebih satu minggu sebelum keberangkatan. Ingat! Jangan membawa baju dan perlengkapan lain berlebihan karena Anda akan kerepotan nantinya. Sediakan pula obat-obatan ringan di tempat khusus di antaranya obat diare, obat flu, minyak gosok, balsam, obat tetes mata, multivitamin, dan sejenisnya.

 

  1. Sediakan botol minum kosong

Sediakan botol minum kosong yang dapat Anda bawa sebagai bekal minum selama berada di masjid. Harga air mineral di Arab Saudi termasuk mahal. Sementara Air Zam-Zam yang berlimpah dapat Anda nikmati secara gratis, jadi lebih baik membawa botol kosong untuk diisi ulang dengan Air Zam-Zam.

 

  1. Uang Saku Secukupnya

Sediakan uang saku secukupnya, kecuali apabila Anda memang berniat untuk banyak berbelanja. Sebaiknya jangan membawa kartu yang tidak dibutuhkan saat umroh seperti SIM atau kartu kesehatan.

 

Persiapan sebelum berangkat umroh harus dilakukan sebaik mungkin karena dengan persiapan matang, ibadah akan tenang dan khusyuk. Jangan lupa untuk selalu berdoa memohon kelancaran kepada Allah Ta’ala.

NO COMMENTS