Madinah Iman Wisata – Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan asupan makanan guna menunjang kelangsungan hidupnya. Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam sebagai suri teladan umat muslim telah memberikan patokan mengenai cara makan yang baik. Selain mengonsumsi makanan yang bernutrisi, pola makan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam pun begitu terjaga. Berikut pola dan tata cara makan yang disunnahkan nabi.

 

  1. Konsumsi Air Campur Madu

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam selalu membuka sarapan dengan segelas air dicampur madu murni. Madu berkhasiat sebagai obat beragam penyakit, di antaranya adalah pembersih lambung, membuat usus aktif, mengatasi sembelit, wasir serta inflamasi/peradangan.

 

  1. Makan 7 Butir Kurma Ajwa

Pola makan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam berikutnya ialah mengonsumsi 7 butir kurma ajwa ketika masuk waktu dhuha. Seorang wanita Yahudi pernah membubuhkan racun pada makanan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam tatkala Perang Khaibar. Racun yang masuk ke tubuh beliau dinetralkan oleh zat yang ada dalam kurma sehingga beliau dapat selamat. Sementara salah seorang sahabat yang juga turut mengonsumsi makanan beracun tersebut meninggal dunia.

 

  1. Menu Makan Sore Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam

Menjelang sore biasanya beliau mengonsumsi makanan pokok seperti roti disertai minyak zaitun dan cuka. Beberapa manfaat makan roti ditambah minyak zaitun dan cuka yaitu mencegah kepikunan, tulang lemah, mengatasi sembelit dan kolesterol, pencegah kanker, serta melancarkan pencernaan.

 

  1. Makan Sayur Ketika Malam

Saat malam hari, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam rutin mengonsumsi sejenis sayur-sayuran yang disebut dengan sana al makki dan sanut guna memperkuat ketahanan tubuh.

 

  1. Awali dengan Mengonsumsi Buah

Makanlah buah sebelum mengonsumsi makanan besar yang mengandung karbohidrat ditambah lauk berlemak. Kebiasaan ini dapat memancing produksi getah lambung yang bermanfaat meringankan proses pencernaan. Apabila kita memakan buah sebagai pencuci mulut, malah akan menambah timbunan sampah di lambung.

 

  1. Dilarang Meniup Minuman atau Makanan

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli membuktikan bahwa saat air bertemu dengan karbondioksida dari tiupan, akan menghasilkan senyawa H2CO3 atau asam karbonat. Senyawa tersebut bisa mengakibatkan penyakit jantung apabila masuk ke dalam tubuh. Selain itu mulut manusia penuh kuman, jadi kuman pun dapat mencemari makanan dan minuman yang ditiup.

 

Hadis mengenai larangan meniup minuman dan makanan

Dari Abu Qatadah RA, Rasulullah  Shalallahu Alaihi Wa Sallam bersabda, “Apabila kalian minum janganlah bernapas di dalam gelas, dan ketika buang hajat, janganlah menyentuh kemaluan dengan tangan kanan.” (HR. Bukhari 153).

 

  1. Makan dengan 3 Jemari Tangan

Makan dengan tangan terbukti lebih sehat karena di tangan kita terdapat enzim RNAse yang dapat menekan pertumbuhan bakteri. Jumlah bakteri yang berkurang membuat sistem pencernaan bekerja dengan lebih baik.

 

Hadis yang berhubungan dengan makan memakai tangan

Dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam bersabda, “Jika salah seorang di antaramu makan, maka hendaklah ia menjilati jari-jemarinya, sebab ia tidak tahu dari jemari mana munculnya keberkahan.” (HR. Muslim).

 

  1. Makan dan Minum Sambil Duduk

Penelitian menunjukkan bahwa minum sambil berdiri dapat menyebabkan gangguan ginjal, karena air yang masuk ketika minum sembari berdiri tidak melewati proses penyaringan oleh sfringer (penyaring dalam tubuh) terlebih dahulu. Ketika seseorang menyantap makanan atau minuman sambil duduk, keduanya akan melewati dinding usus dengan lembut. Sehingga aman bagi dinding usus dan tidak akan melukai lambung.

 

Sabda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam mengenai duduk ketika makan dan minum 

“Janganlah sekali-sekali salah seorang dari kalian minum sambil berdiri, barangsiapa lupa hendaklah dia memuntahkannya.” (HR. Muslim).

 

Itulah pola makan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam dan tata cara makan yang disunnahkan. Segala yang dicontohkan nabi pasti berguna bagi umat manusia dan semoga kita dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar kesehatan selalu terjaga.

NO COMMENTS