Rasulullah adalah contoh yang baik (uswatun hasanah) bagi sekalian manusia sehingga sunnah-sunnahnya menjadi teladan bagi kita semua. Dengan meneladani sunnah Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam, berarti kita telah beriman kepada Allah dan rasulNya. Berikut 6 sunnah Nabi Muhammad yang patut dikerjakan dengan istiqomah setiap hari.

 

  1. Shalat Tahajjud

Shalat tahajjud merupakan amalan yang dilakukan semua rasul, nabi, auliya’, dan para ulama salaf. Allah Ta’ala berfirman, “Dan pada sebagian malam hari, bertahajjudlah kamu sebagai ibadah tambahan bagiMu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat Kamu ke tempat yang terpuji”. Menurut dalil tersebut, shalat tahajjud adalah salah satu sunnah Nabi Muhammad yang utama dan dapat mengangkat pelakunya ke tempat yang terpuji. Shalat tahajjud adalah shalat yang dilakukan di malam hari, setelah tidur sejenak. Shalat pada waktu tersebut akan lebih khusyu’ dan bacaan pada saat itu lebih berkesan.

 

  1. Membaca Al Qur’an dan Terjemahannya

Al Qur’an merupakan petunjuk bagi kaum muslimin. Ia adalah pedoman bagi kita untuk menjalani kehidupan. Oleh karena itu, sangatlah baik bagi kita untuk meruntinkan membaca Al Qur’an, untuk kemudian memahami artinya, menghayati, dan mengamalkan ajaran-ajaran di dalamnya. Al Qur’an akan benar-benar menjadi petunjuk hanya bila kita secara rutin membaca dan memahaminya, kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. Shalat Shubuh di Masjid

Dianjurkannya shalat shubuh di masjid, didasari oleh hadist Rasulullah SAW, “Sungguh, shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah Shalat Isya’ dan Shalat Shubuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, mereka pasti mendatangi keduanya sekalipun sambil merangkak”. (HR. Bukhari-Muslim)

Hadist tersebut disampaikan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam di hadapan para sahabat-sahabatnya ketika beliau menanyakan salah seorang sahabat yang berkali-kali tidak tampak Shalat Shubuh berjamaah di masjid. Karena itu, janganlah meninggalkan Shalat Shubuh berjamaah kecuali dengan udzur syar’i. Kebaikan yang kita lakukan dengan berat di dunia akan berbalas kebaikan di akhirat kelak.

 

  1. Shalat Dhuha

Menurut hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dzar, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda bahwa dua rakaat Shalat Dhuha cukup sebagai sedekah untuk seluruh persendian manusia. Disebutkan pula oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa tidak ada orang yang selalu melakukan Shalat Dhuha kecuali para awwabin atau orang-orang yang senantiasa bertaubat pada Allah dan meninggalkan kemaksiatan.

Berdasarkan beberapa hadist, Shalat Dhuha merupakan salah satu kebaikan yang dicintai Allah. Di dalam hadist-hadist tersebut, terkandung ajaran untuk merutinkan Shalat Dhuha, meskipun tidak ada dalil yang mewajibkannya. Karena itu, Shalat Dhuha merupakan sunnah Nabi Muhammad yang sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap hari.

 

  1. Bersedekah

Allah menyukai orang yang gemar bersedekah. Bahkan, disebutkan bahwa sedekah dapat menghapus dosa, sebagaimana sabda Rasulullah, “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api”. (HR. Tirmidzi)

Tentang sedekah, Rasulullah pernah menyebutkan keutamaan orang yang bersedekah secara sembunyi-sembunyi, yaitu bahwa Allah akan memberikannya naungan di hari akhir, di mana di hari itu tidak ada naungan selainnya. Masih banyak dalil-dalil lain yang menunjukkan keutamaan sedekah. Oleh karena itu, lakukanlah sedekah setiap hari untuk mengharap ridha Allah dan mengikuti sunnah Nabi Muhammad.

 

  1. Istighfar Setiap Saat

Dalam sebuah hadist riwayat Muslim, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda, “Demi Allah, aku selalu beristighfar dan bertaubat kepadaNya lebih dari 70 kali dalam sehari”. Ini adalah dasar disunnahkannya istighfar setiap saat. Dengan istighfar, dosa-dosa kita akan diampuni, rizki akan dilapangkan, dan ia akan menjadi sebab turunnya rahmat Allah kepada kita.

 

Itulah 6 sunnah Nabi Muhammad yang baik untuk dirutinkan setiap hari. Dengan melaksanakan sunnah beliau, semoga kita termasuk umatnya yang senantiasa memperoleh berkah dan ampunan.

NO COMMENTS