Dalam satu hari seseorang pada umumnya tidur selama 6-8 jam. Kaum muslim disarankan untuk mencontoh kebiasaan sebelum tidur ala Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam karena bermanfaat bagi kesehatan tubuh sekaligus memperoleh pahala sebagai tabungan di akhirat. Inilah sunnah Nabi sebelum tidur malam.

 

Berwudhu dan Berbaring ke Kanan

Sunnah Nabi sebelum tidur malam yang pertama ialah wudhu sebelum tidur. Setiap makhluk hidup pasti akan meninggal. Apabila saat tidur Allah Ta’ala langsung memanggil kita untuk menghadap-Nya, badan kita sudah dalam keadaan suci.

Sementara tidur dengan posisi menghadap ke sisi kanan selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, juga supaya seseorang tidak susah bangun malam guna melaksanakan shalat malam. Tidur ke arah kiri pun sebetulnya bermanfaat bagi tubuh, akan tetapi membuat orang menjadi makin malas. Manfaat tidur malam berdasarkan penelitian, di antaranya, membuat lambung sehat, memperlancar buang air besar, menjaga kesehatan paru-paru serta saluran napas, dan sebagainya.

Hadist tentang anjuran berwudhu sebelum tidur malam dan posisi tidur ke kanan

Dari Al Barra bin Azib, bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam bersabda,”Jika engkau hendak menuju pembaringanmu, maka berwudhulah seperti engkau berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah di rusukmu sebelah kanan lalu ucapkanlah doa: ‘Ya Allah Ta’ala, sesungguhnya aku menyerahkan jiwaku hanya kepada-Mu, kuhadapkan wajahku kepada-Mu, kuserahkan segala urusanku hanya kepada-Mu, kusandarkan punggungku kepada-Mu semata, dengan harap dan cemas kepada-Mu, aku beriman kepada kitab yang Engkau turunkan dan kepada nabi yang Engkau utus.’ Dan hendaklah engkau jadikan doa tadi sebagai penutup dari pembicaraanmu malam itu. Maka jika engkau meninggal pada malam itu, niscaya engkau meninggal di atas fitrah” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).

 

Tidak Tidur Tengkurap

Allah Ta’ala melarang seorang muslim untuk tidur tengkurap. Dalam salah satu riwayat, disebutkan bahwa tidur tengkurap adalah tidurnya penghuni neraka. Dalam ilmu kedokteran juga sudah dijelaskan bahwa tidur tengkurap membuat otot dada tidak mengembang secara optimal, sehingga berdampak pada berkurangnya aliran oksigen serta sesak napas.

Hadist yang berkaitan dengan larangan tidur tengkurap

“Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.” (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shahih).

 

Membersihkan Tempat Tidur

Membersihkan tempat tidur ternyata termasuk salah satu sunnah Nabi sebelum tidur malam. Jadi niatkan kebiasaan tersebut untuk mengamalkan ajaran Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wa Sallam supaya memperoleh pahala.

Hadist membersihkan pembaringan sebelum tidur

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam bersabda, “Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya….” Pada hadist lain disebutkan kibasannya tiga kali (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Tidur Secepatnya Selepas Isya

Kaum muslim dianjurkan untuk tidur malam lebih awal agar mudah bangun untuk melaksanakan ibadah pada sepertiga malam terakhir.

Hadist yang berhubungan dengan tidur usai Isya

“Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam membenci tidur malam sebelum (Shalat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.” [Hadist Riwayat Al-Bukhari No. 568 dan Muslim No. 647 (235)].

 

Zikir dan Doa Sesuai Sunnah Nabi Sebelum Tidur Malam

Beberapa bacaan doa dan zikir sebelum tidur:

  • Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas masing-masing 1 kali, lalu ditiupkan ke telapak tangan dan usap ke seluruh badan. Lakukan sebanyak 3 kali beturut-turut;
  • Bacalah Ayat Kursi 1 kali;
  • Membaca 2 ayat yang terakhir dari Surat Al-Baqarah serta baca Surat Al-Kafirun.

 

Demikian pembahasan mengenai sunnah Nabi sebelum tidur malam. Semoga kita dapat mengamalkan ajaran beliau dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.

NO COMMENTS