Shalat Tahajjud merupakan shalat sunnah yang dilakukan di malam hari usai bangun tidur dengan jumlah rakaat minimal 2 rakaat sampai tidak terbatas. Kali ini mari kita pelajari tata cara dan keajaiban Shalat Sunnah Tahajjud.

 

  1. Awali dengan Niat

Doa niat Shalat Tahajjud adalah sebagai berikut:

niat-tahajjudGambar: www.rukun-islam.com

“Ushalli sunnatat tahajjudi rak ‘ataini lillaahi ta’aalaa.”

Artinya:  “Aku niat shalat sunnah tahajju dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

 

  1. Doa Saat Pelaksanaan Shalat Sunnah Tahajjud

Pada rakaat pertama, kita dapat membaca surat Al-Fatihah dilanjutkan dengan surat An-Naas. Rakaat kedua memakai surat Al-Falaq setelah Al-Fatihah. Kedua surat pendek tersebut adalah bacaan yang diutamakan saat melakukan Shalat Sunnah Tahajjud karena keduanya mengandung makna meminta perlindungan kepada Allah Ta’ala dari bermacam godaan setan. Akan tetapi surat pendek yang lainnya boleh juga menjadi pilihan bacaan shalat sunnah, tidak wajib menggunakan 2 surat pendek tersebut.

 

  1. Zikir Setelah Selesai Shalat Tahajjud

Berzikir untuk mendekatkan diri kita kepada Allah Ta’ala sebaiknya dilakukan dengan khusyuk. Kita dapat berzikir dengan membaca istighfar sebanyak mungkin atau paling sedikit 100 kali. Selanjutnya mengamalkan zikir tasbih (Subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar) serta shalawat nabi minimal 32 kali seperti di bawah ini:

shalawatGambar: www.rukun-islam.com

 

  1. Doa Usai Shalat Tahajjud

Inilah doa yang dapat kita baca setelah selesai Shalat Tahajjud.

doa-selesai-tahajjudGambar: www.erabaca.com

“Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta nuurus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa ukaa haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shalallahu alaihi wa sallama haqqun, wassaa’atu haqqun. Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa’alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirli maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. Antal Muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahi.”

 

Artinya: “Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad Shalallahu Alaihi Wa Sallam adalah benar (dari-Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau.”  

 

Setelah membaca doa, bisa langsung membaca ayat Alquran atau Ayat Kursi, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas sembari menunggu datangnya waktu Subuh.

 

  1. Keistimewaan dan Keajaiban Shalat Sunnah Tahajjud

Keistimewaan  serta keajaiban Shalat Sunnah Tahajjud antara lain:

  • Shalat Tahajjud adalah upaya meraih cinta dan rahmat Allah Ta’ala dan termasuk dalam sunnah utama Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wa Sallam;
  • Seseorang yang rajin Tahajjud akan disegani oleh orang lain serta ditakuti oleh musuh-musuhnya;
  • Memiliki wajah yang bercahaya dan enak dilihat;
  • Badan menjadi sehat, pembuka pintu rezeki, tiket masuk surga, serta kemudahan dalam semua urusan.

 

Itulah tata cara dan keajaiban Shalat Sunnah Tahajjud bagi orang yang rutin melaksanakannya. Biasakan bangun di sepertiga malam terakhir dan lakukan shalat sunnah tersebut.

NO COMMENTS