TIPS PACKING UNTUK UMROH DAN HAJI

0
743
tips packing untuk umroh dan haji

Mengunjungi Baitullah memang menjadi salah satu impian kaum muslimin. Selain persiapan fisik dan mental, menyiapkan perlengkapan umroh dan haji menjadi poin penting yang harus diingat juga sebelum berangkat ke Tanah Suci. Ibadah umroh dan haji yang lancar tentulah menjadi harapan setiap jamaah. Oleh karena itu,  tips packing untuk umroh dan haji yang tepat sangat diperlukan oleh para jamaah sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Setiap calon jamaah umroh dan haji tidak sedikit yang masih bingung bagaimana tips packing umroh dan haji yang baik, serta perlengkapan apa saja yang harus dibawa. Terlebih bagi mereka yang belum pernah melaksanakan ibadah haji atau umroh sebelumnya.

 

Barang-barang yang Harus Dibawa

Tips packing untuk umroh dan haji yang pertama berkaitan dengan macam-macam barang yang harus dibawa. Nah, apa saja perlengkapan yang perlu dibawa? Secara garis besar perlengkapan umroh dan haji  antara laki-laki dan perempuan tidak banyak berbeda, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Berikut adalah perlengkapan umroh bagi laki-laki dan perempuan:

  1. Kain Ihram 1 set utuk laki-laki. Untuk perempuan bergo seragam dari travel
  2. Sandal dan tas plastik untuk menyimpan sandal di dalam masjid.
  3. Sabuk haji yang ada dompetnya untuk laki-laki. Fungsinya bisa digunakan untuk menyimpan uang dan mengikat kain ihram. Bila Anda tidak memiliki sabuk haji, dapat diganti dengan tas pinggang.
  4. Kacamata hitam. Funsinya untuk menghindari cahaya matahari yang menyilaukan di siang hari.
  5. Baju koko dan/atau baju batik. Disarankan warna putih/warna lembut untuk dikenakan saat ke masjid atau berziarah/tour. Bawa secukupnya saja sesuai dengan jumlah hari Anda berkunjung. Untuk perempuan gamis / rok atau kulot lebar (disarankan berwarna putih/lembut)
  6. Celana bahan kain, hindari celana jeans. Celana kain akan membuat bagasi tempat menyimpan perlengkapan umroh dan haji Anda lebih ringkas dibandingkan celana jeans karena ketebalannya.
  7. Pakaian idur
  8. Sarung untuk laki-laki
  9. Pakaian dalam. Untuk perempuan, bawa pula pembalut wanita secukupnya untuk berjaga-jaga bila Anda mengalami haid sesudah ibadah umroh, atau panty liners untuk mengurangi kelembapan.
  10. Pelembab kulit atau handbody untuk menghindari kulit kering dan bersisik. Anda juga dapat membawa sunblock, bila jadwal keberangkatan Anda di musim panas.
  11. Jaket atau sweeter bila Anda berumroh atau haji di musim dingin
  12. Jaket tipis jika Anda berumroh di musim panas.
  13. Bawalah sajadah yang tipis saja.
  14. Perlengkapan mandi.
  15. Kaus kaki tebal. Bila Anda tidak tahan dengan suhu dingin AC, Anda dapat membawa kaus kaki yang dapat Anda kenakan saat di masjid atau saat tidur di hotel.
  16. Charger hp dan colokan listrik karena bentuk stop kontak di Arab Saudi agak berbeda dengan stop kontak di negara kita.
  17. Obat-obatan. Anda juga perlu membawa obat-obatan pribadi untuk sakit ringan seperti obat batuk, flu, obat sakit perut, atau diare, balsem, minyak kayu putih, koyo dan lain-lain.
  18. Masker mulut dan hidung

 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Ketika kita sudah melunasi pembayaran biaya umroh dan haji, biasanya akan diberikan 3 tas yang terdiri dari:

  1. Tas yang di bawa ke kabin (Tas tenteng)

Tas ini digunakan untuk membawa perlengkapan persiapan saat akan mengambil niat umroh atau haji. Isinya adalah: untuk laki-laki 1 buah pakaian ihram plus pakaian dalam, untuk perempuan kaos tangan untuk melakukan shalat di atas pesawat, 1 pasang kaos kaki, dan obat-obatan pribadi. Tas tenteng ini juga nantinya berguna untuk menyimpan pakaian kotor yang telah dipakai, sehingga tidak bercampur dengan pakaian bersih lainnya.

  1. Tas kecil

Tas kecil ini isinya benda-benda penting dan juga berharga seperti: tanda pengenal, passport, dompet, handphone, kamera, dan bisa juga diisi dengan sandal, agar tidak perlu menitipkannya saat akan memasuki masjid

  1. Tas Trolly

Tas ini digunakan untuk menyimpan perlengkapan selama menunaikan ibadah haji atau umroh. Seluruh peralatan tajam seperti guntung kuku, shiver, dan juga benda-benda cair dimasukan kedalam tas ini. Nantinya tas trolly ini akan masuk ke dalam bagasi pesawat.

 

Itulah tips packing untuk umroh dan haji. Tips ini dibutuhkan agar tidak ribet dan repot ketika mencari barang yang kita butuhkan segera. Selamat menunaikan ibadah haji atau umroh, semoga mabrur!

NO COMMENTS