Pergi ke tanah suci adalah kesempatan istimewa. Semua umat muslim tentu memiliki impian untuk dapat berkunjung ke rumah Allah tersebut. Melakukan perjalanan udara  bukan masalah bagi Anda yang sudah mempunyai pengalaman naik pesawat sebelumnya. Tetapi bagaimana dengan jamaah yang belum pernah naik pesawat sama sekali? Pasti muncul kecemasan. Guna menghindari rasa khawatir berlebihan, mari simak  tips perjalanan udara ke tanah suci berikut ini.

 

  1. Perhatikan Penampilan

Tips perjalanan udara dengan pesawat yang pertama yaitu memperhatikan penampilan. Sebaiknya kenakan baju longgar untuk mempermudah Anda ketika hendak melaksanakan shalat selama dalam perjalanan. Pastikan baju menutup aurat dengan baik. Pilih sandal atau sepatu sandal yang nyaman dan ringan sebagai alas kaki. Jangan menggunakan parfum dengan bau menyengat dan tanggalkan perhiasan Anda supaya tidak menarik perhatian dan lebih aman.

 

  1. Patuhi Tata Tertib di Pesawat

Ketika Anda berada di pesawat, ikuti petunjuk awak kabin dan jaga ketertiban. Jangan sering lalu-lalang. Pastikan ponsel Anda dimatikan ketika telah memasuki kabin sebab sinyal ponsel berbahaya untuk penerbangan, dan jangan merokok di dalam pesawat.

 

  1. Menjaga Kebersihan

Lingkungan yang bersih akan menciptakan kenyamanan selama perjalanan. Jangan membuang sampah sembarangan dan tetap perhatikan kebersihan toilet setelah Anda menggunakannya.

 

  1. Pelajari Cara Tayamum

Kondisi toilet dan air yang terbatas ditambah banyaknya jamaah haji atau umroh di dalam pesawat membuat Anda wajib mempelajari cara bertayamum. Sebab tidak mungkin semua jamaah dapat berwudu dengan air. Tips perjalanan udara yang satu ini amat bermanfaat ketika persediaan air pesawat menipis.

 

  1. Sedia Permen

Apabila Anda sedang flu, sediakan permen/permen karet selama melakukan perjalanan udara. Mengunyah permen akan membantu mengurangi rasa tidak nyaman di telinga dan kepala akibat serangan flu.

 

  1. Siapkan Jaket atau Selimut

Suhu dalam pesawat yang dingin selama perjalanan dapat membuat kesehatan Anda terganggu. Karena itu, siapkanlah jaket atau selimut yang dapat Anda gunakan untuk menghangatkan badan agar kondisi tetap prima hingga tiba di tanah suci.

 

  1. Gunakan Penutup Telinga

Saat pesawat berada pada posisi take off atau landing, akan terdengar suara keras mesin pesawat. Suara tersebut berpotensi menggangu pendengaran Anda bila tidak menggunakan penutup telinga. Pakailah headset, sorban, atau kerudung untuk melindungi telinga Anda dari suara mesin.

 

  1. Mengisi Waktu Selama Perjalanan

Perjalanan menuju tanah suci membutuhkan waktu 15-20 jam. Maksimalkan waktu yang ada untuk istirahat, berzikir, dan mempelajari kembali tata cara ibadah haji atau umroh. Rasa pegal dapat diatasi dengan melakukan aktivitas fisik ringan seperti senam kecil sebagai terapi rileksasi otot yang kaku dan pegal.

 

  1. Periksa Tas Jinjing dan Koper

Sebelum melakukan perjalanan udara, pastikan tas jinjing dan koper sudah digembok agar terhindar dari pencurian. Jamaah umroh biasanya membawa koper sendiri, sedangkan koper jamaah haji ditangani oleh petugas khusus yang akan membawakan dari tanah air menuju tanah suci. Begitu pula ketika kembali dari Mekkah, koper jamaah haji akan diurus oleh petugas khusus hingga sampai di asrama haji tanah air.

 

Tidak semua umat muslim berkesempatan menunaikan ibadah haji atau umroh. Dengan mengetahui tips perjalanan udara ke tanah suci, Anda pun bisa mempersiapkan diri sebaik-baiknya sehingga tidak merasa khawatir lagi saat melakukan perjalanan udara dalam waktu lama.

NO COMMENTS