Tips Perjalanan Umroh – Sebagai jamaah umroh tentu saja kita mengharapakan perjalanan menuju tanah suci berjalan sesuai rencana dan tanpa hambatan. Akan tetapi, terkadang hal-hal kecil seperti kurangnya persiapan serta kesalahan kecil saat berada di tanah suci membuat ibadah umroh menjadi terganggu. Oleh karena itu, ada baiknya setiap jamaah memperhatikan beberapa tips perjalanan umroh dengan benar.

Ada banyak tips perjalanan umroh yang bisa anda manfaatkan.

Beberapa diantaranya akan dijelaskan disini. Nah, langsung saja pahami tipsnya dibawah ini agar perjalanan umroh anda berjalan dengan baik:

1. Berdoa sebelum berangkatibadah-haji-umroh
Berdoa saat hendak keluar rumah merupakan hal wajib dilakukan. Bila perlu, lakukan sholat syafar sebelum berangkat umroh. Hal ini akan menambah iman kita kepada Allah SWT. Dengan begitu, selama perjalanan berlangsung hati akan tenang dan lebih khusyu’. Tak hanya itu, selama berdoa anda sebaiknya meluruskan niat dengan baik. Niat umroh semata-mata hanya untuk memperoleh syafaat dari Yang Maha Kuasa.

2. Titipkan barang berharga
Tips perjalanan umroh kedua ialah menitipkan benda berharga yang dimiliki kepada sanak keluarga yang dipercaya. Hal ini perlu dilakukan agar selama perjalanan umroh, anda tidak memikirkan benda berharga yang anda tinggalkan di rumah. Kunci rumah selama anda melakukan perjalanan umroh. Bila rumah anda jauh dari sanak saudara, mintalah tetangga untuk selalu mengawasi rumah anda selama rumah dalam kondisi kosong.

3. Bawa dokumen penting
Tips perjalanan umroh ketiga ialah membawa dokumen penting. Sebelum berangkat ke tanah suci persiapkan dokumen penting yang digunakan selama perjalanan. Dokumen penting yang wajib anda bawa selama perjalanan ke tanah suci diantaranya pasport, visa serta surat hasil faksinasi. Agar mudah mengambil dokumen-dokumen tersebut saat anda dapat memanfaatkan tas mini yang dikalungkan ke leher.

4. Gunakan pakaian yang longgar
Tips perjalanan umroh yang harus diketahui oleh para jamaah umroh selanjutnya ialah menggunakan pakaian yang pantas dan longgar. Umroh ialah perjalanan ibadah ke tanah suci dan bukan perjalanan traveling layaknya piknik ke luar negeri. Untuk itu, hindarilah memakai pakaian yang ketat dan tidak suci. Dengan memanfaatkan pakaian yang longgar, anda akan lebih mudah saat beribadah.

5. Hindari pemakaian perhiasan
Saat melakukan perjalanan ibadah ke tanah suci, anda tidak perlu memakai perhiasan yang mencolok. Perhiasan yang dipakai justru akan mengganggu konsentrasi anda selama perjalanan. Tak hanya itu, memakai perhiasan di tempat yang belum tentu aman juga dapat membahayakan  diri sendiri. Hal itu karena perhiasan yang mencolok akan mengundang niat jahat dari orang-orang yang tidak dikenal. Untuk itu, demi keamanan dan kenyamanan saat terapkanlah tips perjalanan umroh kelima ini.

6. Gunakan koper gembok
Tips perjalanan umroh agar berjalan dengan baik ialah dengan memanfaatkan tas atau koper yang dilengkapi dengan fasilitas gembok. Hal ini untuk menjaga keamanan barang yang diperlukan sesampainya di tanah suci. Bila perlu sebelum berangkat, berikan tulisan atau identitas pada koper dan tas anda. Hal ini untuk memudahkan penyaluran tas atau koper anda.

Seperti itu tadi sejumlah tips perjalanan umroh yang dapat dilakukan oleh para calon jamaah umroh. Dengan memperhatikan beberapa tips diatas, perjalanan umroh anda dapat berjalan dengan aman dan nyaman sesuai dengan rencana dan tiba di rumah dengan keadaan sehat. Jadi sudah siapkah diri anda untuk melakukan perjalanan panjang menuju rumah Allah?

Kami Madinah Iman Wisata sebagai Biro perjalanan travel haji dan umroh Madinah Iman Wisata adalah travel umroh sunnah yang InsyaAllah sesuai dengan tuntunan Al qur’an dan As-sunnah Rasulullah SAW

 

NO COMMENTS