TIPS-TIPS SELAMA MANASIK HAJI

0
306
tips seputar manasik haji
MECCA - JULY 21 : Kaaba on July 21, 2012 in Mecca, Saudi Arabia. Kaaba in Mecca is the holiest and most visited mosque for all Muslims.

 

Manasik haji adalah tata cara dan pelaksanaan ibadah haji, dan merupakan hal yang tidak bisa diabaikan bagi seorang muslim yang akan melaksanakan ibadah haji, yang dilakukan sebelum melakukan perjalanan haji. Jadi jangan pernah abaikan program manasik haji ini, terutama untuk para calon jamaah yang masih awam tentang pengetahuan haji dan umrah.

Untuk menjadi haji mabrur selain tergantung pada niat, juga tergantung dari bagaimana keseriusan dalam memahami ibadah haji secara optimal semasa manasik haji. Hal inilah yang akan membantu mereka untuk bisa mendapatkan haji mabrur.

Dalam kegiatan manasik haji, calon jamaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya, misalnya rukun haji, syarat, wajib, sunnah, maupun hal-hal yang harus dihindari selama pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, para calon jamaah haji juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik-praktis dalam ritual haji, misalnya tawaf, sa’i, wukuf, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan aslinya.

Disamping itu, kegiatan  manasik haji ini dilakukan untuk dapat  memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah haji tentang tujuan utama keberangkatan mereka ke tanah suci. Selain juga untuk mempermudah calon jama’ah haji dalam memahami tentang ibadah haji baik secara teoritis maupun praktis sehingga diharapkan menjadi calon jama’ah haji yang mandiri dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar.

 

Manfaat Manasik Haji

            Manasik haji memiliki beberapa manfaat bagi jama’ah, antara lain:

  1. Dapat mengetahui doa-doa yang disunnahkan dalam ibadah haji.
  2. Dapat memberikan pemahaman mana ibadah yang rukun, sunnah, dan haram saat melaksanakan ibadah haji.
  3. Dapat mengetahui kondisi Makkah dan Madinah sebagai persiapan untuk ibadah haji nantinya.
  4. Menjadi sarana untuk saling mengenal antar jama’ah sehingga saat di Makkah dapat saling membantu.
  5. Diajarkan bahasa Arab untuk percakapan ringan di Makkah nantinya.

 

Ringkasan Rukun dan Wajib Haji

Pada saat melaksanakan manasik haji, jama’ah akan dibekali dengan pengetahuan tentang rukun dan wajib haji. Berikut ini ringkasan amalan rukun dan wajib yang harus diketahui oleh calon jama’ah haji.

A. Rukun haji:

  1. Ihram.
  2. Wukuf di Arafah.
  3. Thawaf ifadhah.
  4. Sa’i.

B. Wajib haji:

  1. Ihram dari miqat.
  2. Wukuf di Arafah hingga tenggelamnya matahari bagi yang wukuf di siang hari.
  3. Bermalam di Muzdalifah.
  4. Bermalam pada malam-malam tasyriq di Mina.
  5. Melempar jumrah (jumrah aqabah pada waktu hari Raya Kurban, dan jumrah ula, wustha serta aqabah pada hari-hari tasyriq secara tertib).
  6. Mencukur (gundul) rambut atau memendekkannya.
  7. Menyembelih hadyu (bagi yang melakukan haji tamattu’ dan qiran, tidak bagi yang melakukan haji ifrad).
  8. Thawaf wada’.

 

Persiapan Fisik dan Mental

Manasik haji dibuat sebagai persiapan ilmu dalam melaksanakan ibadah haji. Persiapan yang juga tak kalah penting adalah persiapan fisik dan mental. Persiapan fisik yang harus dilakukan calon jama’ah haji antara lain, periksa kehamilan, identifikasi penyakit yang mungkin ada dan penanggulangannya, melakukan olahraga secara teratur, membiasakan diri untuk berjalan kaki, karena pada umumnya jarak antara tempat pemondokan dan masjid di Makkah ada yang cukup jauh.

Adapun persiapan mental antara lain dengan meluruskan niat lillahi ta’ala, banyak bertaubat kepada Allah Ta’ala, belajar untuk sabar dan tawakkal, serta berusaha menghafalkan doa-doa dan dzikir ketika melaksanakan ibadah haji.

 

Itulah tips-tips selama manasik haji yang penting untuk diketahui oleh para jama’ah haji. Semoga bisa melaksanakan ibadah haji sesuai contoh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam dan mendapatkan haji mabrur. Aamiin.

NO COMMENTS