Madinah Iman Wisata – Ramadhan merupakan bulan suci umat Islam yang penuh berkah dan ampunan sehingga kita sangat dianjurkan untuk memperbanyak berbuat kebaikan dan melakukan ibadah. Selain merutinkan membaca Al-Qur’an, shalat sunnah harian, dan shalat Tarawih, ada satu lagi ibadah yang memiliki keutamaan ketika dilakukan di bulan istimewa ini, yaitu ibadah umrah. Seperti yang kita tahu, umrah berbeda dengan ibadah haji dari beberapa aspek, termasuk waktu pelaksanaannya. Jika haji hanya dilakukan pada bulan tertentu saja, umrah boleh dilakukan kapanpun sepanjang tahun dan memilih bulan baik Ramadhan sebagai waktu Anda untuk berangkat umrah merupakan keputusan yang sangat baik. Meskipun kepadatan jamaah umrah bisa jadi lumayan tinggi di bulan puasa, tentunya hal ini tidak akan menyurutkan niat Anda untuk tetap mengunjungi Tanah Suci mengingat keutamaan umrah di Bulan Ramadhan.

Seperti halnya haji, umrah merupakan ibadah yang wajib dilakukan jika mampu baik secara fisik, mental, maupun materi. Kabar baiknya adalah kini ibadah umrah Anda di bulan Ramadhan bisa lebih terjangkau dengan memilih biro perjalanan haji dan umrah yang tepat seperti Madinah-iman. Tanpa perlu khawatir harga yang terlampau tinggi atau fasilitas yang kurang memadai saat di tanah suci, Anda dapat beribadah dengan khusyu’ dan tenang untuk mendapatkan keutamaan umrah di Bulan Ramadhan.

 


Mendapatkan pahala setara haji

Tidak ada yang tahu sebanyak apakah Allah akan memberikan balasan atas amal ibadah kita, itu merupakan hak mutlak Allah. Yang bisa kita lakukan adalah mengharap kasih sayang Allah melalui pahala yang dijanjikan saat melaksanakan umrah di bulan Ramadhan. Dari Ibnu Abbas disebutkan bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam berkata kepada seorang wanita yang tidak bisa ikut berhaji bersama suaminya, “Saat Ramadhan datang, lakukanlah, melakukan umrah pada bulan itu sebanding dengan haji.” (HR Bukhari dan Muslim). Banyak ulama berpendapat keutamaan umrah di bulan Ramadhan tidaklah menggugurkan kewajiban seorang Muslim untuk melaksanakan ibadah haji, akan tetapi pahala yang didapatkan akan setara dengan ibadah tersebut. Amin ya Rabbal ‘alamin.

 


Mendapatkan pengampunan dosa

Manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Walaupun sangat manusiawi bagi kita untuk melakukan kesalahan bahkan tanpa menyadarinya, merupakan kewajiban bagi umat Muslim untuk selalu memohon ampun dan melakukan kebaikan untuk menebus dosa-dosa yang tak terhitung jumlahnya. Umrah di bulan Ramadhan memberikan keutamaan lain yakni ampunan dosa. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda “Umrah hingga umrah berikutnya merupakan penebus kesalahan diantara keduanya, dan haji mabrur tidak ada balasan baginya kecuali surga.” Itulah sebabnya Anda sangat dianjurkan melakukan umrah di bulan suci Ramadhan mengingat janji Allah yang akan mengampuni dosa-dosa yang telah diperbuat.

Apabila pada bulan Ramadhan tahun ini Anda belum bisa menjalankan ibadah umrah, mari berdoa agar Allah memberikan kemudahan, rizki, dan kesempatan untuk menginjakkan kaki di Tanah Suci. Sembari menanti datangnya kesempatan untuk mendapatkan keutamaan umrah di Bulan Ramadhan, Anda dapat mempersiapkan fisik dan mental sebaik mungkin dan jangan lupa untuk memilih dengan bijak biro perjalanan haji dan umrah Anda. Tidak semua biro menawarkan harga terjangkau dengan fasilitas yang memadai bagi para jamaah umrah sehingga tidak ada salahnya dari jauh-jauh hari berpikir matang tentang hal ini. Bagaimanapun juga, kenyamanan dan ketenangan Anda dalam beribadah juga dipengaruhi oleh kualitas fasilitas pendukungnya, bukan? Semoga ibadah kita di bulan Ramadhan diterima oleh Allah Ta’ala.

NO COMMENTS